Skip to content

Amerika Latin dan Karibe : HARGA RUMAH DI AMERIKA LATIN DAN KARIBE MENINGKAT KECUALI DI MEXICO

Agustus 4, 2011

Bagian interior rumah di daerah perumahan Centro Historico Cartagena - Colombia

Kejahatan terorganisir dan narkotrafik menurunkan harga rumah di Mexico, bahkan harganya turun sampai 80%. Chihuahua, Nuevo Leon, Michoacan, Guerrero dan Tamaulipas adalah beberapa negara bagian di Mexico yang paling besar mengalami dampak kerugian ini. Banyak perumahan tidak laku terjual karena pembeli merasa tidak nyaman akibat begitu banyaknya kelompok kriminal yang beraksi.
Perusahaan perumahan Excelsior menyatakan bahwa efek negatif dari rasa ketidaknyamanan ini sangat tinggi di masyarakat. Banyak keluarga memilih untuk menjual harta milik mereka dengan harga berapa saja, daripada terus membayar iuran kepada kelompok kejahatan terorganisir. Bahkan ada yang diminta pergi oleh kelompok pembunuh bayaran atas pelayanan mereka terhadap narkotrafik.
Di Apatzingan, sebuah kota yang terletak di negara bagian Michoacan de Ocampo, sebuah rumah dengan luas 105 meter persegi dengan garasi untuk dua mobil, taman, ruang tengah, ruang makan, empat kamar tidur, semua kamar dengan TV dan pelayanan lainnya, biasanya dijual seharga US$ 77.000. Sekarang ini dijual dengan harga sebesar US$ 32.000.
Sementara di negara-negara lain di Amerika Latin dan Karibe, selain Mexico, sektor perumahan memiliki perkembangan yang cerah. Di Karibe sektor perumahan merupakan sektor yang menarik banyak orang Eropa dan Amerika Serikat untuk membeli rumah kedua atau ketiga mereka di Lautan Karibe.
Perkembangan urban yang semakin cepat dan perkembangan ekonomi yang baik membuat harga-harga rumah di Amerika Latin semakin naik. Di Colombia misalnya di daerah Ciudad Antigua merupakan daerah perumahan yang paling tinggi harganya: US$ 3.100 per meter persegi. Di Cartagena sekarang ini saja ada kurang lebih 67 proyek perumahan untuk menyaingi perkembangan pesat di daerah Karibe. “Karibe dulu kehilangan sinarnya, tetapi sekarang ini sinarnya telah kembali. Tidak hanya sebagai daerah tujuan wisata melainkan juga sebagai tempat tinggal kedua”, kata Jorge Hurtado Direktur CB Richard Ellis untuk Amerika Latin dan Karibe. Daerah-daerah lain juga yang mengalami peningkatan dalam bidang perumahan adalah Cancun (Riviera Maya), Republik Dominicana, Costa Rica, Panama dan Kepulauan Barbados dan Bahamas. Di Amerika Selatan, Argentina merupakan salah satu negara yang mengalami perkembangan yang pesat dalam penyediaan rumah mewah.
Berikut ini adalah daftar 10 zona perumahan termahal di Amerika Latin:
1. Cartagena (Daerah Pusat Sejarah) Colombia : US$ 3.100 per meter persegi
2. Santiago de Chile (El Golf) : US$ 2.900 per meter persegi
3. Sao Paolo (Ibirapuera), Brasil : US$ 2.800 per meter persegi
4. Buenos Aires (Recoleta), Argentina: US$ 2.800 dólares per meter persegi
5. Ciudad de Panamá (Avenida Bilbao), Panamá: US$ 2.800 per meter persegi
6. Ciudad de México (Polanco), México: US$ 2.500 per meter persegi
7. Caracas (Oriente), Venezuela: US$ 2.500 per meter persegi
8. Bogotá (La Cabrera), Colombia: US$ 2.250 per meter persegi
9. Quito (Valle de Cumbayá), Ecuador: US$ 1.360 per meter persegi
10. Asunción, Paraguay: US$ 800 per meter persegi

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: