Skip to content

Panama: EKS DIKTATOR PANAMA, MANUEL ANTONIO NORIEGA, AKAN DIEKSTRADISIKAN KE PANAMA

Agustus 3, 2011

Manuel Antonio Noriega, saat-saat masih berjaya.

Mantan diktator Panama, Manuel Antonio Noriega, akan diekstradisikan dari Prancis ke Panama untuk menghadapi pengadilan atas kejahatan yang dilakukan di negara asalnya, seperti yang diinformasikan oleh pengacaranya Yves Leberquier.

Leberquier menyatakan bahwa Perdana Menteri Prancis, Francois Fillon, telah menandatangani otorisasi pengekstradisian pada tanggal 6 Juli lalu, dan Noriega sudah diinformasikan tentang hal tersebut minggu lalu. Sampai sekarang ini belum diketahui tanggal berapa dia akan secara resmi diberangkatkan ke Panama.
Menurut pengacaranya, Manuel Noriega tidak akan diberangkatkan ke Panama sebelum bulan September ini. Karena dia masih memiliki beberapa sidang pengadilan yang belum terselesaikan di Prancis. Juga dia menegaskan bahwa mereka tidak memiliki intensi untuk memblokir keputusan ekstradisi yang sudah ditandatangani tersebut.

Informasi dari Paris ini dibenarkan oleh Wakil Menlu Panama, Alvaro Alemán, dalam sebuah wawancara dengan TV lokal. “Persepsi yang kami miliki adalah bahwa ekstradisi akan dilakukan pada bulan Oktober”, kata Alvaro Alemán.

Manuel Antonio Noriega dipenjarakan di Paris sejak tahun lalu setelah dipenjarakan di Amerika Serikat selama hampir dua dekada, setelah lengser dari kekuasaan tahun 1989 oleh invasi yang dilakukan Amerika Serikat. Tahun 2010 dia dikirimkan dari Florida ke Prancis, di mana dia mendapat tahanan selama 7 tahun karena kejahatan menjual narkoba dan pencucian uang.

Sebuah pengadilan Panama telah mendeklarasikan bahwa Noriega diputuskan bersalah, karena membunuh rejim militer oposisi, Hugo Spadafora, yang menghilang sejak September 1985 dan kemudian tubuhnya ditemukan tanpa kepala. Noriega mendapat hukuman selama 20 tahun penjara untuk kasus ini. Bulan Juni lalu, Washington mengesahkan pengekstradisian eks diktator tersebut dari Prancis ke Panama.

Noriega, yang kini berumur 77 tahun, adalah diktator di Panama antara tahun 1983-1989. Sebelum ditangkap oleh Washington (Amerika Serikat) dia dimata-matai oleh CIA Amerika Serikat dan diketahui bahwa dia memiliki hubungan dengan kepala cartel narkoba di Medellin, Pablo Escobar.

Sumber: http://actualidad.rt.com/actualidad/america_latina/issue_27798.html

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: