Skip to content

Film : “CINE NARCO” DARI MEXICO

Agustus 3, 2011

“Los Chacales de Sinaloa”, “El cartel de Zacatecas”, “El Bazukazo”… adalah nama beberapa film Mexico yang bertemakan narkotrafik atau yang dikenal sebagai “cine narco”. Film-film layar lebar ini sudah mulai dikenal di Mexico dan “ los latinos” di Amerika Serikat. Para pembuat film di Mexico mulai melirik pasar film dengan tema narkotrafik sebagai inspirasi dasar. Biasanya mereka membawa ke layar lebar pengalaman dari mereka-mereka yang pernah terlibat dalam organisasi kriminal ini.

Setelah penangkapan Edgar Valdes Villareal, alias “La Barbie”, dia menyatakan bahwa dirinya telah menginvestasikan US$ 200.000, untuk membuat film tentang kehidupannya dalam kejahatan narkotrafik. Para penjahat yang kemudian ingin menjadi bintang film mendapat tawaran yang baik. Di Mexico ada kurang lebih 7 produser film yang memproduksi film jenis ini. Sementara produser film lain menolak dan lebih memilih untuk membuat telenovela.

Film-film “cine narco” menjadi polemik yang besar di Mexico. Karena kejahatan yang ditunjukkan dalam film tersebut menimbulkan protes dari berbagai pihak. Film-film ini hanya mereproduksi pengalaman kejahatan para geng narkotrafik tanpa memperhatikan dampak yang diciptakan bagi masyarakat.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: