Skip to content

Berita hari ini: REFORMASI EKONOMI DI CUBA

Agustus 2, 2011

Presiden Cuba, Raul Castro, saat memimpin sidang di Partai Komunis Cuba (PCC)

Dewan Nasional Cuba, yang dikepalai oleh Presiden Cuba, Raúl Castro, mengesahkan hari Senin kemarin (1 Agustus) sebuah rencana reformasi dalam bidang ekonomi yang berusaha membangkitkan perekonomian Cuba. Lebih dari 600 wakil rakyat (DPR) hadir dalam pertemuan itu. Ini merupakan pertemuan pertama Parlemen di Istana Konvensi La Habana yang bertujuan untuk mendiskusikan hal-hal yang dipandang perlu dan meratifikasi “Garis-Garis Politik Ekonomi dan Sosial dari Partai dan Revolusi”. Rencana ini di Cuba dikenal sebagai “rencana reformasi” yang dibuat oleh Raul Castro dan mengambil model socialista.
Perencanaan ini, yang terjadi karena ketakutan akan kontrol yang datang dari inisiatif swasta, akan mengijinkan masyarakat Cuba membeli hak milik dan membentuk perusahaan-perusahaan kecil. Keputusan ini juga berimplikasi pada penghapusan sekitar sejuta lapangan kerja di sektor publik. Inisiatif ini diambil oleh pemerintah karena kurangnya sumber daya, tidak efisiennya perencanaan dan birokrasi berdasarkan hasil pertemuan Dewan Menteri baru-baru ini.
Sesi ini kemudian dirayakan sehari setelahnya, dalam sebuah pertemuan umum Komite Sentral Partai Komunis, di mana Raul Castro meminta supaya menghormati “perbedaan” dan mengubah mentalitas “metode dan gaya kerja yang tidak cocok dengan situasi aktual” dengan tujuan untuk mengatasi kesalahan selama ini.
Banyak ahli berpendapat bahwa reformasi ini akan memberikan lebih banyak kebebasan bagi perusahaan-perusahaan swasta dan membuka pintu bagi masyarakat sebuah masa depan yang lebih baik karena bisa memiliki bisnis sendiri.
“Saya pikir sampai sekarang barangkali keuntungan yang paling penting adalah keuntungan psikologis. Bagi para pengusaha, bagi para masyarakat, diberikan beberapa kemungkinan untuk memiliki pekerjaan mereka sendiri, untuk mendapat uang dan juga barangkali masa depan yang lebih baik. Dan itu adalah positif buat mereka dan bagi pemerintah sekarang. Tetapi ada banyak hal yang harus dilakukan, ada banyak jalan yang harus dijalani”, kata wakil presiden Politik Sosial dalam Dialog Interamericano, Jeffrey Puryear.

Sumber: http://actualidad.rt.com/actualidad/america_latina/issue_27730.html

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: