Skip to content

Berita hari ini: PARA PEKERJA TAMBANG YANG DISELAMATKAN SETAHUN LALU DI CHILE BERADA DALAM SITUASI KECEWA DAN CEMAS.

Agustus 1, 2011

Saat-saat pekerja tambang diselamatkan setelah 69 hari berada di dalam perut bumi di Pertambangan San Jose, Chile

Para pekerja tambang Chile yang diselamatkan dari dalam rongga tambang sedalam 700 meter merasa kecewa dan cemas dengan kehidupan mereka. “Setelah mengalami pengalaman traumatis karena harus bertahan di dalam perut bumi selama 69 hari, banyak dari antara mereka sulit untuk membangun kembali kehidupan mereka”, kata Luis Urzúa, yang adalah memimpin para pekerja tambang di dalam perut bumi tersebut.
Pada tanggal 5 Agustus 2010, 32 orang Chile dan seorang Bolivia tertahan di pertambangan San José, yang berjarak kurang lebih 830 km utara Santiago dan baru diselamatkan setelah 69 hari kemudian melalui sebuah sumur dibor ke tempat mereka bertahan. Empat belas orang dari 33 pekerja tambang meminta berhenti untuk bekerja sebagai penambang beberapa minggu kemudian karena derita fisik dan psikologis yang mereka alami karena kecelakaan itu. Para pekerja tambang tersebut berharap bahwa pada hari peringatan setahun kecelakaan tersebut (5 Agustus), mereka bisa mendapat gaji pensiun, kurang lebih US$ 435 per bulan, sedikit lebih banyak dari upah mínimum rata-rata dari yang ditetapkan oleh pemerintah.
Para pekerja tambang tersebut mengharapkan jawaban yang baik dan positif dari pemerintah dan mengatakan bahwa seandainya pemerintah menerima tuntutan mereka, mereka akan terus menuntut pemerintah karena telah membuka kembali Pertambangan San Jose. Tigapuluhsatu orang penambang yang tertahan dalam pertambangan tersebut, menuntut pemerintahan Chile di pengadilan karena tidak mengadakan penelitian terlebih dahulu atas situasi pertambangan tersebut sehingga tidak membahayakan pekerja tambang. Mereka menuntut supaya negara membayar US$ 534.000 per pekerja tambang yang tertahan di dalam perut bumi tersebut.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: