Skip to content

CHILE: DILANDA DEMONSTRASI MAHASISWA DAN PEKERJA TEMBAGA

Juli 15, 2011

Demonstrasi mahasiswa Chile tanggal 14 Juli 2011

Chile sebuah negara di Amerika Selatan yang dipuji oleh berbagai kalangan karena perkembangan ekonominya yang baik. Tetapi mengapa sekarang Chile harus menghadapi berbagai gelombang demonstrasi terutama dari para mahasiswa dan pekerja tembaga (tambang). Apa yang terjadi di Chile?

Hampir dalam dua bulan terakhir Chile dilanda oleh demonstrasi mahasiswa yang menuntuk peran pemerintah yang lebih besar dalam sistem pendidikan negara itu. (Lihat tulisan sebelumnya : Krisis Sistem Pendidikan di Chile). Para mahasiswa menghendaki supaya pendidikan menjadi hak untuk semua masyarakat Chile, karena itu tidak dapat diperjualbelikan di tangan swasta. Dengan kata lain mereka tidak setuju dengan politik pemerintah Chile yang mengedepankan sistem neo-liberal dalam segala aspek, termasuk dalam bidang pendidikan. Pendidikan di Chile diserahkan ke tangan swasta untuk mengelolahnya. Akibatnya banyak murid yang tidak mampu, tidak bisa bersekolah karena biaya pendidikan yang ditetapkan oleh sekolah yang begitu mahal. Juga ada beberapa sekolah di beberapa daerah yang tidak mampu bersaing akhirnya harus ditutup. Situasi ini membuat banyak mahasiswa dan guru terbelenggu oleh peraturan sekolah yang dibuat oleh para pengusaha dalam bidang pendidikan. Karena itu mereka berdemonstrasi supaya bidang pendidikan ini dikelolah oleh negara demi kepentingan rakyat dengan kualitas yang lebih terjamin.

Terhadap tuntutan mahasiswa ini Presiden Sebastian Piñera mengumumkan “Gran Acuerdo Nacional por la Educación” (GANE =Persetujuan Besar Nasional Untuk Pendidikan). GANE ini antara lain memutuskan bahwa: pemerintahannya akan menginvestasikan sebesar US$ 4.000 juta dalam bidang pendidikan, yang bisa menolong kurang lebih 720.000 mahasiswa sampai tahun 2014. Uang tersebut akan dipergunakan untuk meningkatkan beasiswa bagi mahasiswa, dan menolong para mahasiswa yang berutang (bagi kurang lebih 110.000 mahasiswa yang berutang).

Mahasiswa melihat GANE yang dibuat Presiden Piñera tidak menjawab tuntutan mereka supaya pendidikan tidak diperjualbelikan. Jawaban-jawaban yang dibuat oleh pemerintah menurut mereka tidak mengubah sistem pendidikan yang ada di Chile. Karena itu mereka terus melakukan demonstrasi, supaya pemerintah mengubah sistem pendidikan. Tanggal 14 Juli kemarin, para mahasiswa sebanyak kurang lebih 50.000 orang (menurut pemerintah, sedangkan menurut pihak lain kurang lebih 80.000 orang) melakukan demonstrasi di depan Istana La Moneda. Demonstrasi mahasiswa yang awalnya ramah ini akhirnya menjadi chaos setelah polisi hendak membubarkan mereka dari istana. Demonstrasi ini berakhir dengan ditangkapnya 62 orang dan seorang dikabarkan dalam situasi kritis.

Sementara itu hari Senin tanggal 11 Juli kemarin terjadi demonstrasi dari Codelco (Corporación Nacional del Cobre de Chile = Korporasi Nasional Tembaga Chile), yang merupakan salah satu produksi tembaga terbesar di dunia. Korporasi ini dulu adalah miliki pemerintah Chile, di mana di dalamnya termasuk pertambangan, industri dan perdagangan dengan semua sistemnya diatur oleh negara. Demonstrasi ini dilakukan oleh Federasi Pekerja Tembaga yang kemarin Senin (11 Juli) berdemonstrasi dengan kurang lebih 30.000 pekerja tembaga. Dan ini merupakan demonstrasi terbesar pekerja tembaga di Chile. Demo ini juga bertepatan dengan peringatan 40 tahun nasionalisasi sektor tembaga ini oleh Pemerintahan Salvador Allende. Pada tanggal 11 Juli tahun 1971, Kongres Chile mensyahkan secara total hukum No. 17.450 tentang nasionalisasi produksi tembaga, untuk menghindari perushaan-perusahaan asing yang pada saat itu berdatangan untuk mengeksploitasi tembaga di Chile.

Demonstrasi para pekerja tembaga di Chile, tanggal 11 Juli 2011

Demonstrasi para pekerja tembaga ini juga berhubungan dengan rencana yang dibuat pemerintah untuk “memprivatisasikan” Codelco. Para pekerja sudah mulai takut karena utang yang dimiliki oleh perusahaan semakin banyak. Karena dililit utang ada kemungkinan bahwa perusahaan ini akan “diswastanisasikan” . Para pekerja tembaga ini mendapat dukungan dari Wakil Presiden Kongres, Juan Pablo Letelier, yang meminta pemerintah untuk memberikan penjelasan tentang utang yang dimiliki perusahaan, dan juga mengenai rencana pemerintah untuk memprivatisasikan tempat pertambangan Gabriela Mistral, yang meruapakan salah satu alasan mengapa para pekerja tambang berdemonstrasi. Menurut Wapres Kongres ini, tidak ada alasan untuk memiliki utang sebegitu besar karena sumber-sumber daya untuk tembaga sangat besar di Chile dan harga tembaga tinggi. Selain itu dia juga menyatakan bahwa rencana swastanisasi pertambangan Gabriela Mistral, yang sudah dibuat oleh Direksi dan administrasi Codelco tidak mendapat pengesahan dari Kongres karena tidak melalui Kongres.

Melihat demonstrasi para pekerja tembaga tersebut, Menteri Pertambangan Chile, Laurence Golborne, menyatakan bahwa demonstrasi yang mereka lakukan adalah sesuatu yang ilegal dan tidak beralasan, karena menurutnya tidak ada bahaya privatisasi. Dengan demonstrasi yang dibuat hari Senin lalu pemerintah akhirnya kehilangan 4.900 ton hasil produksi, yang kalau diuangkan sebesar US$. 41 juta. Ini menunjukkan pentingnya sektor ini bagi pendapatan nasional Chile. Sementara itu banyak pihak lain yang melihat demonstrasi ini sebagai sebuah protes supaya pemerintah menjalankan usaha tembaga ini dengan baik dan memperhatikan nasib para pekerja tembaga di Chile, karena merupakan salah satu pemasukan besar bagi Chile.
Codelco memiliki rencana investasi yang besar yakni lebih dari US$ 17.500 juta untuk periode 2011-2015, yang bertujuan untuk menjaga level produktivitas, yang terancam karena menurunnya produktivitas mereka. Menurunya produktivitas karena masalah yang mereka miliki dengan pertambangan Chuquicamata. Masalah pertambangan ini berdampak pada pengurangan pekerja tambang sebanyak 2.600 orang dalam lima tahun ke depan. Hal ini menyebabkan para pekerja tambang dan tembaga merasa tidak aman dengan pekerjaan mereka.

Kebijakan neo-liberal yang diterapkan bagi perekonomian Chile memang membawa perkembangan ekonomi yang baik bagi Chile. Tetapi dampak negative dari kebijakan neo-liberal yang tidak dibarengi dengan sistem atau peraturan yang jelas menyebabkan yang miskin atau golongan kecil semakin tersingkirkan. Para mahasiswa dan pekerja tembaga (juga tambang) merasa tersingkirkan dalam perkembangan ekonomi neo-liberal Chile yang mengagumkan. Mari kita melihat apa yang akan terjadi di Chile dalam beberapa hari ke depan.
Sumber-sumber:
1. http://www.elcomercio.pe; Protesta estudiantil genero caos, 15 de julio de 2011
2. http://www.larepublica.pe: Chile: estudiantes vuelven a las calles, 15 de julio de 2011.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: