Skip to content

CEPAL: PERKEMBANGAN EKONOMI AMERIKA LATIN DAN KARIBE MENURUN

Juli 14, 2011

CEPAL = Komisi Ekonomi untuk Amerika Latin dan Karibe

CEPAL (Comisión Económico para América Latina y Caribe=Komisi Ekonomi untuk Amerika Latin dan Karibe) menyatakan bahwa perkembangan ekonomi Amerika Latin dan Karibe akan mencapai 4.7% dalam tahun ini. Sekretaris CEPAL, Alicia Bárcena, menyatakan bahwa perkembangan ini bisa saja menurun sampai 4.1%, karena lambatnya pemulihan ekonomi di Amerika Serikat dan masalah krisis utang di Eropa.

Dalam penelitian ekonomi yang dibuat CEPAL 2010-2011, perkembangan PBI tahun 2011 di kawasan Amerika Latin dan Karibe akan mencapai 3.6% per orang dan pada tahun 2012 akan mencapai 3% per orang. Sementara PBB melihat perkembangan Amerika Latin dan Karibe dalam tiga kelompok, yang dikepalai oleh Amerika Selatan dengan pertumbuhan sebesar 5.1% karena meningkatnya harga produksi primer. Kemudian diikuti oleh Amerika Tengah dengan perkembangan sebesar 4.3% dan Karibe sebesar 1.9%..

Amerika Latin dan Karibe

Sementara itu inflasi di wilayah ini diperkirakan sebesar 7.5% tahun 2011, lebih tinggi bila dibandingkan tahun lalu, sebesar 6.6%. Tahun 2010, Argentina, Jamaica, Trinidad Tobago dan Venezuela mencatat inflasi sebesar 10%. Sekarang ini Venezuela diperkirakan mengalami inflasi sebesar 27.4%. Sementara Peru berada di posisi kedua yang paling bawah dengan perkembangan inflasi sebesar 3.1%. Colombia dengan 3%, Mexico 3.2%, Chile 3.3%. Tahun ini inflasi akan tetap tinggi karena meningkatnya harga-harga bahan makanan dan minuman, bahan bakar, transportasi, dan beberapa pelayanan jasaBagi Peru: CEPAL menurunkan proyeksi perkembangan ekonomi Peru dari 8.6% yang diprediksikan Bulan Desember 2010 menjadi 7.1%. Demikian juga, prediksi perkembangan ekonomi Peru akan menurun tahun 2012 menjadi 5.5%. Namun demikian Peru akan menempati urutan keempat dalam perkembangan ekonomi di Amerika Latin.

NEGARA DAN TINGKAT PERKEMBANGAN EKONOMI TAHUN INI MENURUT CEPAL
Panama 8.5%
Argentina 8.3%
Haiti 8%
Peru 7.1%
Uruguay 6.8%
Ecuador 6.4%
Chile 6.3%
Paraguay 5.7%

CEPAL menyatakan bahwa perkembangan ekonomi Amerika Latin dan Karibe terjadi karena berkembangnya konsumsi pribadi yang ditunjukkan oleh meningkatnya lapangan kerja dan meningkatnya kredit yang dilakukan. Hal ini nampak dalam menurunnya jumlah unemployment (angkatan tidak bekerja) dari 7.3% tahun 2010 menjadi 6.7% tahun 2011.

Sumber: http://www.larepublica.pe; hari Kamis, tanggal 14 Juli 2011.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: