Skip to content

KRISIS SISTEM PENDIDIKAN DI CHILE

Juli 12, 2011

Selama hampir sebulan (pertengahan Juni sampai Juli) para siswa, mahasiswa, guru dan institusi pendidikan di Chile melakukan demonstrasi yang dipusatkan di berbagai kota, seperti Talca, Chillan, Valparaiso, ,Temuco, Valdivia, Puerto Montt dan La Serena. Semuanya menuntut “La educación es un derecho, y no es un bien de Mercado” (Pendidikan adalah hak dan bukan untuk kepentingan bisnis). Para mahasiswa yang dimotori oleh Confech (Konfederasi (maha)siswa Chile) melakukan demonstrasi sebagai jawaban atas tuntutan mereka supaya pendidikan tidak untuk diperjualbelikan dan menuntut supaya pemerintah menjamin pendidikan yang berkualitas. Demonstrasi ini sebagai jawaban atas disyahkannya Undang-Undang Pendidikan Umum yang baru (tahun 2009 lalu).
Tahun 1980, beberapa saat sebelum lengser, Augusto Pinochet mensyahkan Undang-Undang Pendidikan (LOCE = Ley Organica Consitucional de Educación) yang berisikan: sekolah-sekolah harus ada di setiap kabupaten, mengubah sistem keuangan sekolah dan privatisasi pendidikan. Tahun 2006 lewat apa yang dikenal dengan Revolusi Pingüino, mahasiswa menuntuk reformasi pendidikan di Chile. Pada saat itu pemerintahan Michelle Bachelet mengumpulkan berbagai aliansi dalam Kongres seperti Alianza por Chile dan La Concertacion untuk membahas masalah ini. Hasil kesepakatan mereka inilah maka 2 tahun kemudian disyahkan Undang-Undang Pendidikan Umum yang baru pada tanggal 17 Agustus 2009.
Namun para mahasiswa, guru dan isntitusi pendidikan Chile melihat bahwa Undang-Undang Pendidikan Umum yang disyahkan tahun 2009 tersebut tidak mengakomodir tuntutan mereka. Yang berubah adalah beberapa ketentuan pendidikan dasar untuk Sekolah Menengah, tetapi untuk Universitas hampir tidak ada perubahan yang berarti. Malahan membuat masyarakat semakin menderita, karena dalam keputusan tersebut 85% biaya pendidikan dibebankan ke keluarga dan 15% dibebankan ke negara. Hal ini membuat mahasiswa dari golongan kelas menengah ke bawah merasa keberatan untuk membiayai pendidikan mereka.
Undang-Undang Pendidikan Umum ini sangat erat kaitannya dengan keputusan politik yang diambil oleh pemerintahan yang sedang berkuasa sekarang. Presiden Chile, Sebastian Piñera yang berasal dari Partai Renovasi Nasional (Renovación Nacional), yang dilantik Bulan Maret tahun 2010 (mengakhiri 20 tahun masa pemerintahan progresistas), mengedepankan politik negara yang ditandai oleh neo-liberal. Yang berusaha untuk mengurangi sesedikit mungkin intervensi pemerintah dalam bidang ekonomi dan sosial, dan menempatkan pasar bebas kapitalis sebagai jaminan untuk keseimbangan sosial dan perkembangan ekonomi Chile. Karena itu tidak mengherankan kalau pemerintahan Piñera menekankan aspek privatisasi dalam berbagai ruang kehidupan masyarakat termasuk dalam dunia pendidikan. Masalahnya terjadi ketika sekolah-sekolah swasta yang mewajibkan guru dan murid untuk mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh sekolah. Misalnya dalam penentuan uang sekolah yang tinggi dan gaji guru yang rendah. Karena itu tidak mengherankan banyak mahasiswa yang berutang karena biaya pendidikan yang tinggi, dan akibat lainnya banyak sekolah yang gulung tikar karena kalah bersaing dan tidak ada murid.
Terhadap demonstrasi ini, Piñera dan Menteri Pendidikan Chile belum memberikan jawaban yang jelas kepada mahasiswa, guru dan institusi pendidikan yang ada. Masalah ini semakin tidak jelas ketika media komunikasi hanya memberitakan kekerasan atau bahaya yang diakibatkan demonstrasi daripada pertanyaan mengapa mahasiswa dan berbagai institusi pendidikan berdemonstrasi. Para mahasiswa dan institusi pendidikan meminta supaya Undang-Undang Pendidikan Umum yang ada harus diubah secara mendasar (bukan hanya mengubah nama tetapi isinya tetap sama) dan meminta pemerintah supaya lembaga pendidikan dikembalikan pada urusan negara untuk menjamin supaya pendidikan bukan untuk diperjualbelikan dan meningkatkan kualitas pendidikan.
Tuntutan-tuntutan para mahasiswa ini berlawanan sekali dengan ideologi politik pemerintah yang membatasi keterlibatan pemerintah dalam ruang lingkup kehidupan sosial dan ekonomi. Termasuk dalam bidang pendidikan yang membiarkan swasta mengelolah pendidikan mereka. Jawaban dari pemerintah Chile masih dinantikan oleh para mahasiswa di Chile.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: