Skip to content

MENELUSURI PERKEBUNAN DAN PABRIK ANGGUR: TACAMA

Juni 3, 2011

Budaya minum anggur yang dibawa orang Spanyol ke Peru menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam masyarakat Peru sekarang ini. Orang-orang Peru senang minum anggur. Karena itu di Peru ada begitu banyak perkebunan dan pabrik anggur. Selain itu mereka juga berhasil membuat sebuah jenis minuman baru khas Peru yakni pisco. Salah satu tempat perkebunan dan pabrik anggur yang sangat terkenal di Peru adalah Tacama.

Tempat peras anggur zaman dulu di Tacama


Tacama terletak antara Paracas dan Ica, kurang lebih berjarak 15 menit dari jalan raya Paracas-Ica. Perkebunan anggur Tacama seluas 200 hektar, dan mendapat aliran air dari pegunungan Andes menuju Lautan Pasifik. Lembah Ica merupakan daerah pertanian utama di zona pantai Peru. Dan Tacama terletak di daerah ini. Daerah Tacama merupakan daerah yang berdasarkan penelitian para ahli dalam bidang pertanian merupakan daerah yang cocok untuk tanaman anggur.
Sejarah Tacama
Tacama berdiri tahun 1540 dan merupakan perkebunan anggur pertama di Amerika Latin yang didirikan oleh Fransisco de Carabantes. Dari sini baru dikembangkan ke Chile dan Argentina. Tahun 1776 dilarang ekspor anggur dari Amerika Latin ke Spanyol. Karena itu mereka membuat model minuman baru yang sesuai dengan selera orang Peru. Maka lahirlah sebuah jenis minuman baru yang khas Peru yakni Pisco. Sejak tahun 1965 Tacama dikelola secara modern. Banyak ahli pertanian dari manca negara datang ke tempat ini untuk menyaksikan bagaimana cara pembuatan anggur dan Pisco. Tanggal 15 Agustus 2007, gempa bumi yang mengguncang Peru turut merusakkan sistem pengairan perkebunan anggur Tacama. Sejak tahun 2008 Tacama menerima investasi sebanyak US$ 5.5 juta dólar untuk memodernisasikan semua proses perkebunan dan pabrik anggur di perkebunan ini.Saat menyaksikan perkebunan anggur Tacama<
Kunjungan Turis
Perkebunan anggur Tacama sangat terkenal. Karena itu tidak mengherankan kalau setiap hari ada banyak turis yang datang melihat perkebunan dan pabrik anggur ini. Ketika kami memasuki perkebunan ini, sudah begitu banyak turis yang menunggu giliran untuk dibawa keliling perkebunan, melihat perkebunan anggur dan pabrik anggur. Mereka biasanya menerima kunjungan para turis dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore setiap hari. Setelah melihat perkebunan dan pabrik anggur kami menikmati anggur yang khusus disediakan untuk para turis. Bagi yang ahli dalam hal minum anggur mereka bisa mencoba semua jenis minuman yang ada. Selama mencoba minuman yang ada, mereka juga akan mempertunjukkan video perkebunan dan pabrik anggur Tacama kepada para turis. Biasanya para turis, setelah mengecap anggur Peru yang terkenal ini, langsung membeli beberapa botol lagi sebagai kenangan atau untuk minum di perjalanan atau di rumah.

Produk Anggur Tacama:
Minuman anggur: Don manuel, Terroix, Selección Especial, Gran Tinto, Blanco de Blancos, Gran Blanco, Blanco semi seco, Rosé, Albilla DÌca, Amore de Ica, Sinfonía, Quantum dan Halcon de la Viña.
Espumosos: Rosa Salvaje, Brut, Semi Seco
Pisco: Demonio de los Andes Acholado, Demonio de los Andes Quebranta, Demonio de los Andes Albilla, Pisco Puro Quebranta.
Penghargaan:
Perkebunan dan Pabrik Anggur Tacama sangat terkenal di seluruh dunia dan selalu mendapat penghargaan internasional dalam kompetisi anggur. Misalnya mendapat penghargaan Trophee Citadelles dari Prancis dalam pameran anggur tingkat dunia “Les Citadelles du Vin”. Demikian juga pisco: Diablo de los Andes mendapat penghargaan “Trophee Excelence”. Dan masih ada puluhan penghargaan lainnya sejak puluhan tahun lalu.
Ekspor
Pabrik Anggur Tacama telah melakukan ekspor ke berbagai negara misalnya: Canada, Panama, Costa Rica, Belgia, Colombia, Swiss, Inggris, Prancis, Spanyol dan Jerman.
Setelah menikmati anggur Tacama dan membeli beberapa botol anggur sebagai kenangan kami meneruskan perjalanan kami menuju Huacachina. Perkebunan Anggur Tacama
(Bersambung ke Huacachina).

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: