Skip to content

ANCAMAN BAGI KEBEBASAN PERS DI BOLIVIA

Mei 18, 2011

 

David Niño de Guzman, seorang wartawan, pemimpin redaksi Agencia Catolica Noticias Fides (ANF)ditemukan meninggal di La Paz ibu kota Bolivia tanggal 21 April lalu. Sebelumnya, Niño de Guzman menghilang selama dua hari setelah menerima telefon dari seseorang yang tidak dikenal. Menurut ahli forensik, dia meninggal karena bahan peledak yang bersarang di perutnya.

Organisasi dan perkumpulan media di Bolivia, seperti Konfederasi Pekerja Pers dan Asosiasi Nasional Pers, menuntut kepada pemerintah setempat untuk menjelaskan kematian wartawan David Niño de Guzman. Niño de Guzman, berumur 42 tahun, menikah dan memiliki 2 anak, adalah pemimpin redaksi Agencia Catolica Noticias Fides (ANF),   salah satu agen berita tertua  dan terpenting di Bolivia milik Serikat Yesus (SJ). ANF juga bekerjasama dengan berbagai majalah seperti Ultima Hora, La Razón, El Diario y Presencia, demikian juga dengan TV Canal 36 Cadena A.

Pekerjaannya sebagai wartawan yang biasa menulis artikel yang mengkritisi kebijakan pemerintah, dicurigai sebagai motif pembunuhan dirinya.

Kantor pers Konferensi Para Uskup Bolivia mengekspresikan dengan segera solidaritas mereka kepada keluarga korban, kepada media komunikasi tempat dia bekerja dan dengan Serikat Yesus dan meminta supaya pemerintah menjelaskan kronologi kematiannya secepat mungkin. Dari luar negeri, Reporteros Sin Fronteras (Wartawan Tanpa Batas) dan UNESCO juga meminta penjelasan yang sama dari pemerintah.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: